RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 23 x 40’ (9 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI- 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual. | 3.4.1 Menjelaskan pengertian himpunan. 3.4.2 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan. 3.4.3 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan. 3.4.4 Menentukan berbagai cara menyatakan himpunan. 3.4.5 Menyatakan himpunan kosong. 3.4.6 Menyatakan himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan. 3.4.7 Menggambarkan bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota himpunan dan himpunan semestanya. 3.4.8 Menentukan semesta dari diagram venn. 3.4.9 Menjelaskan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian). 3.4.10 Menentukan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian). 3.4.11 Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti irisan, gabungan, komplemen. 3.4.12 Menentukan irisan, gabungan dan komplemen dari suatu himpunan. 3.4.13 Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan. |
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan. | 4.4.1 Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan. 4.4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta. 4.4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn. 4.4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan. 4.4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan. 4.4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi himpunan. |
3. Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.
4. Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.
5. Menentukan berbagai cara menyatakan himpunan
2. Menyatakan himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.
3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta.
4.Menggambarkan bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota himpunan dan himpunan semestanya.bar diagram venn
5.Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn.
Pertemuan 1 (Pertama) (3 Jam Pelajaran/120 menit) |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a) 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3. Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang materi himpunan dan bukan himpunan dengan mengamati foto yang ada di sekitar kita . Contoh pertanyaan : ‘sebutkan anggota himpunan yang ada pada foto berikut” Himpunan buah-buahan 4. Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi konsep himpunan & penyajian himpunan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya. 5. Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensidan tujuan pembelajaran. | 10 menit |
Inti | 1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 2. Peserta didik mengamati gambar 3. Peserta didik mengamati penyajian himpunan dengan 3 cara dan memberikan contoh-contoh. 4. guru memberi penjelasan mengenai penyajian himpunan dengan 3 cara 5. Jika perlu minta siswa untuk memberikan contoh satu himpunan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda,misalnya himpunan A adalah himpunan bilangan bulat kurang dari 5 Langkah 2. Menanya 6. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan fakta –fakta peserta Piala Dunia 2014 tersebut. 7. guru memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan atau bukan himpunan dan menyatakan himpunan dengan menggunakan 3 cara. 8. Berilah motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang penyajian himpunan. 9. Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat Langkah 3. Mengumpulkan data 10. Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 11. Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 12. Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS Langkah 4. Menalar 13. Peserta didik menyimpulkan pengertian himpunan dan bukan himpunan 14. Minta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi 15. Guru membimbing siswa untuk bernalar. 16. guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai himpunan dan menyatakan himpunan dengan menggunakan 3 cara. Langkah 5. Mengkomunikasi 17. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi / pekerjaannya. 18. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya 19. Guru memberi umpan balik atau konfirmasi. | 90 menit |
Penutup | 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi. 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan 4. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan menentukan himpunan dan bukan himpunan serta menyajikan himpunan. 5. Melaksanakan postes terkait tentang menentukan himpunan dan bukan himpunan serta menyajikan himpunan. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya 7. Guru memberikan tugas | 20 menit |
Penugasan: 1. Sebutkan contoh himpunan dan bukan himpunan masing-masing 3? 2. Himpunan A = {bilangan cacah kurang dari 5}, jika disajikan dengan menyebutkan anggotanya maka A = {0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan dengan notasi pembentuk himpunan maka A = {x|x < ..., dan x ∈ Bilangan ... ... ... ...} 3. Himpunan P = {2, 3, 5, 7}. Coba sajikan himpunan P dengan notasi pembentuk himpunan dan sajikan himpunan P dengan menuliskan sifat keanggotaannya |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Observasi | Jurnal | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. | Penilaian diri | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran | |
3. | Penilaian antar teman | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Observasi | Jurnal | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. | Penilaian diri | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran | |
3. | Penilaian antar teman | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Lisan | Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran |
2. | Penugasan | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian sebagai pembelajaran Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai pembelajaran |
3. | Tertulis | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian pencapaian pembelajaran |
4. | Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Praktik | Tugas (keterampilan) | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
2. | Produk | Tugas (keterampilan) | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
3. | Proyek | Tugas besar | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk, sebagai, dan pencapaian pembelajaran |
4. | Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian himpunan
Pertemuan 2:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menyatakan himpunan kosong.
Pertemuan 3:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.Menjelaskan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).
2.Menentukan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).
3.Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.
Pertemuan 4:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).
2. Menentukan sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).
3. Menentukan kesamaan kedua himpunan
4. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.
Pertemuan 5:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti irisan
2. Menentukan irisan dari suatu himpunan.
3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 6:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti gabungan
2. Menentukan gabungan dari suatu himpunan.
3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 7:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti selisih.
2. Menentukan selisih dari suatu himpunan.
3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 8:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti komplemen.
2. Menentukan komplemen dari suatu himpunan.
3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
4. Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan.
5. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 9:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Evaluasi
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a.Himpunan dan bukan himpunan
b.Menyatakan himpunan
c.Himpunan kosong
d.Himpunan semesta
e.Diagram venn
f.Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian)
g.Operasi himpunan (irisan, gabungan, selisih dan komplemen)
h.Sifat-sifat operasi himpunan
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a.Diagram venn
b.Operasi himpunan
3. Materi Pembelajaranp Remedial
a.Himpunan dan bukan himpunan
b.Menyatakan himpunan
c.Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian)
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan 1-8 : Pendekatan saintifik
Pertemuan 9 : Evaluasi
F. Media dan Bahan
1. Media : Gambar
2.Bahan : Benda-benda di dalam kelas yang di dalamnya terdapat bilangan seperti struktur kepengurusan, iventaris kelas, dan nomor absen siswa.
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan
kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
Abdul Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
Abdul Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
H. Langkah-Langka Pembelajaran
A. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
1. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
o pembelajaran ulang
o bimbingan perorangan
o belajar kelompok
o pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
2. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar